B20


The Business 20 atau B20 merupakan outreach group dari G20 yang mewakili komunitas bisnis internasional. Melalui keberadaan para pelaku bisnis dari seluruh dunia, B20 merefleksikan peran sektor swasta sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi yang kuat, berkelanjutan, dan berimbang.

B20 melakukan sejumlah pertemuan yang bertujuan untuk terus mengembangkan rekomendasi dan menghasilkan komitmen-komitmen relevan dari para pemimpin bisnis dunia dan organisasi bisnis untuk menghadapi isu-isu global yang penting dan berpengaruh secara signifikan.

B20 memberikan landasan yang kuat bagi komunitas bisnis internasional untuk turut serta dalam tata kelola perekonomian global dan ekonomi internasional serta regulasi perdagangan. Melalui Pertemuan Satgas B20 (B20 Taskforce) dan Pertemuan Tingkat Tinggi B20 (B20 Summit),  B20 melakukan pembahasan kebijakan dan rekomendasi yang dapat mendukung tugas G20 untuk mencapai ekonomi global yang kuat, berkelanjutan, dan berimbang.

B20 secara konsisten menyesuaikan prioritasnya dengan prioritas pada Pertemuan Tingkat Tinggi G20 yang berfokus pada pembangunan ekonomi global. Prioritas B20 antara lain adalah rekomendasi kebijakan pada reformasi sistem keuangan, perdagangan, investasi, infrastruktur, ketenagakerjaan, dan anti-korupsi. Beberapa pemimpin negara anggota G20 telah menghadiri Pertemuan Tingkat Tinggi B20 dan bertukar pandangan dengan para delegasi B20. Sejalan dengan G20, Presidensi B20 terus berganti setiap tahunnya.

Business 20 (B20) Summit 2016, Hangzhou, RRT

Pada tanggal 4 September 2016 telah diselenggarakan B20 Summit 2016 yang dibuka oleh Presiden RRT, Xi Jinping, dan dihadiri sejumlah 1.100 orang dari komunitas bisnis internasional. KTT B20 2016 juga dihadiri Presiden Argentina (Mauricio Macri), Perdana Menteri Australia (Malcolm Turnbull), Perdana Menteri Kanada (Justin Trudeau) maupun perwakilan organisasi-organisasi internasional dari IMF, World Bank, WTO, UNIDO dan OECD. Perwakilan Indonesia yang hadir dalam pertemuan tersebut adalah PT. Sarana Multi Infrastructure (SMI), sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang pembiayaan infrastruktur serta GMU Group, sebuah konsultan yang bergerak di bidang manajemen bisnis dan keuangan.

Pertemuan tersebut telah menghasilkan rekomendasi kepada pemimpin G20 agar dapat mengimplementasikan komitmen-komitmen yang telah dibuat maupun yang baru, khususnya reformasi struktural, dalam rangka membangun innovative, invigorated, interconnected and inclusive world economy serta menjamin pertumbuhan ekonomi yang kuat, berkelanjutan dan seimbang. Selain itu, KTT B20 juga menghasilkan sejumlah makalah kebijakan bidang ketenagakerjaan, pembiayaan, infrastruktur, pengembangan UKM, perdagangan dan investasi serta anti korupsi.

       Business 20 (B20) Dialogue (B20) 2017, Berlin, Jerman

Pertemuan B20 pada tahun 2017 ini akan diadakan di kota Berlin, di bawah presidensi Jerman. Rencananya B20 Dialogue akan diadakan pada tanggal 2-3 Mei 2017