EWG


EMPLOYMENT WORKING GROUP 

Employment Working Group (EWG) dibentuk berdasarkan rekomendasi para menteri pada G20 Labor and Employment Ministers Meeting di Paris, September 2011. EWG memiliki peran utama untuk membahas aspek ekonomi dan sosial pada kebijakan terkait ketenagakerjaan. EWG juga menjadi sarana bagi para anggota G20 untuk saling bertukar pikiran dan best practices di masing-masing negara. Setiap tahunnya, EWG akan mengangkat isu seperti job creation, prevention on unemployment, creating better jobs, dan youth employment and apprenticeship.

Pada tahun 2016, Presidensi RRT mengambil tema Innovation: Decent Job, Enhance Employability, and Adequate Job Opportunities (IDEA). Pada EWG tahun 2017, Indonesia memprioritaskan pembahasan pada beberapa isu seperti pentingnya upaya peningkatan keterampilan tenaga kerja untuk beradaptasi dengan kemajuan teknologi, serta peningkatan keterampilan kerja melalui vocational training atau Lembaga Pelatihan Kerja (LPK).

Focal point Indonesia untuk EWG adalah Kementerian Ketenagakerjaan.

 

Agenda Pertemuan Employment  Working Group di G20 Argentina 2018:

Pertemuan EWG ke-1 akan berlangsung pada tanggal 20-22 Februari 2018, di Buenos Aires, Argentina.

Pertemuan EWG ke-2 akan berlangsung pada tanggal 11-12 Juni 2018, di Geneva.

Joint Session of the Employment and Education Working Group akan berlangsung pada tanggal 13 Juni 2018, di Geneva.

Pertemuan EWG ke-3 akan berlangsung pada tanggal 3-5 September 2018, di Mar Del Plata.

Joint Session of the Employment and Education Working Group akan berlangsung pada tanggal 4 September 2018, di Mar Del Plata.