L20


Labour 20 (L20) mewakili kepentingan tenaga kerja di tingkat G20 dengan mempersatukan serikat pekerja dari negara-negara G20 dan Global Unions untuk memberikan masukan pada G20. L20 dibentuk oleh International Trade Union Confederation (ITUC) dan Trade Union Advisory Committee to the OECD (TUAC).

L20 kerap menyuarakan tuntutan para serikat pekerja melalui pertukaran pikiran dan dialog dengan Employment Working Group, Sherpa, dan Menteri Ketenagakerjaan dan Keuangan. Dalam melakukan hal tersebut, L20 menyampaikan harapan serikat pekerja internasional terhadap kebijakan global melalui Pertemuan di G20.

Labour 20 (L20) Summit 2016, Beijing, RRT

Pada tanggal 12-13 Juli 2016 telah diselenggarakan L20 Summit 2016 yang dihadiri oleh para pemimpin serikat buruh dari negara G20 untuk membahas koordinasi antara serikat pekerja dengan G20 terkait upah dan kondisi kerja. Perwakilan Indonesia yang hadir dalam pertemuan tersebut adalah Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI). Pertemuan telah menghasilkan L20 Statement “Getting Quality Job Creation Back on Track” yang menghimbau para menteri ketenagakerjaan dan para pemimpin G20 untuk melakukan kebijakan antara lain yang terkait peningkatan belanja publik, strategi pencapaian target baik penurunan gender gap maupun penurunan pengangguran muda.

Sehari sebelum pelaksanaan L20 Summit 2016, B20 dan L20 telah mengeluarkan pernyataan bersama bagi Pertemuan Menteri Ketenagakerjaan G20. Pernyataan bersama tersebut mengangkat prioritas bersama atas dasar peran penting kelompok pengusaha dan pekerja dalam membentuk kebijakan ekonomi dan sosial serta himbauan kepada G20 untuk melakukan kebijakan terkait penyebaran teknologi, pengangguran muda, kebijakan makro ekonomi yang mendukug ketenagakerjaan, realisasi pengurangan target gender gap dan mendorong sektor formal.

Labour 20 (L20) Summit 2016, Beijing, RRT 

Pada tahun 2017, L20 Dialogue akan diadakan di Berlin, pada tanggal 17 Mei. Kemudian, pertemuan tersebut akan ditindaklanjuti dalam Labour and Employment Minister Meeting yang akan diadakan di kota Bad Neuenahr, Jerman.