SWG


ENERGY SUSTAINABILITY WORKING GROUP 

Energy and Sustainability Working Group (ESWG) merupakan inisiatif dari Presidensi Rusia di tahun 2013 untuk mengintegrasikan beberapa kelompok kerja pada Presidensi sebelumnya seperti Energy and Commodity Markets Working Group, Clean Energy and Energy Efficiency Working Group, dan Global Marine Environment Protection Working Group ke dalam satu working group. Beberapa isu yang diangkat sejak dibentuknya ESWG adalah isu energy efficiency, perluasan akses energi di beberapa wilayah seperti Sub-Sahara Afrika, transparansi pasar, energi baru dan terbarukan, serta pengurangan subsidi untuk bahan bakar fosil.

Pada Presidensi RRT di tahun 2016, Indonesia menyampaikan pandangan di beberapa agenda, seperti pentingnya mempertimbangkan kriteria perluasan akses energi di setiap negara, perluasan akses energi di kawasan Asia Pasifik, pengurangan subsidi bahan bakar fosil dengan mempertimbangkan kondisi vulnerable groups, serta penggunaan clean energy yang efektif dan efisien.

Di tahun ini, tidak ada Energy Sustainability Working Group, tetapi terdapat Energy Transitions Working Group (ETWG) dan Climate Sustainability Working Group (CSWG).

Focal point Indonesia pada ETWG dan CSWG adalah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Agenda Pertemuan  ETWG dan CSWG di G20 Argentina 2018:

Pertemuan ETWG ke-1 akan berlangsung pada tanggal 22-23 Februari 2018, di Buenos Aires, Argentina. 

Pertemuan CSWG ke-1 akan berlangsung pada tanggal 17-18 April 2018, di Buenos Aires, Argentina. 

Pertemuan ETWG ke-2 akan berlangsung pada tanggal13-14 Juni 2018, di Bariloche.

Pertemuan CSWG ke-2 akan berlangsung pada tanggal 29-30 Agustus 2018, di Puerto Iguazú.