Taskforces


Joint Meeting Task Force (JMTF) merupakan inisiatif Presidensi RRT, yang memandang bahwa teknologi informasi memegang peranan penting dalam revolusi industri baru, di mana revolusi tersebut akan membawa perubahan mendasar guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Tren digital economy yang berdampak pada perekonomian global juga melatarbelakangi pembentukan JMTF yang terdiri dari Innovation Task Force, New Industrial Revolution Task Force, serta Digital Economy Task Force.

Pada Innovation Task Force, terdapat beberapa agenda yang menjadi prioritas seperti pentingnya aspek inklusivitas dan open-access terhadap sumber-sumber inovasi, sinergitas antara inovasi, revolusi industri baru, dan ekonomi digital, serta pengaruh pertumbuhan inovasi terhadap penciptaan lapangan kerja. Sementara pada New Industrial Revolution Task Force, Presidensi RRT menggarisbawahi pengaruh revolusi industri terhadap Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Intellectual Property Rights (IPR), serta kerja sama dalam bidang riset. Digital Economy Task Force (DETF) secara khusus mengangkat pentingnya kerja sama dan koordinasi kebijakan nasional untuk menghadapi tantangan ekonomi digital. Pesatnya pertumbuhan ekonomi digital juga dapat menjadi peluang perluasan lapangan kerja serta kemajuan digital inclusion.

Focal point Indonesia pada JMTF adalah Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti), Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Agenda Pertemuan Task Force dan Pertemuan Lainnya di G20 Argentina 2018:

Pertemuan DETF ke-1 akan berlangsung pada tanggal 8-9 Februari 2018, di Buenos Aires, Argentina. 

Pertemuan DETF ke-2 akan berlangsung pada tanggal 21-22 Agustus 2018, di Salta.