Y20


Youth 20 (Y20)merupakan wadah konsultasi resmi bagi para pemuda dari seluruh negara anggota G20 untuk dapat saling berdialog. Y20 mendorong para pemuda sebagai pemimpin masa depan untuk meningkatkan kesadaran terhadap permasalahan global, untuk bertukar ide, berargumen, bernegosiasi, hingga mencapai konsensus.

Konferensi Y20 pertama diselenggarakan pada tahun 2010. Setelah itu, tuan rumah Y20 akan berganti setiap tahunnya sesuai dengan Presidensi G20 yang sedang berlangsung. Hingga saat ini, lebih dari 600 pemuda telah berpartisipasi dalam konferensi ini.

Y20 biasanya diselenggarakan sebelum G20 berlangsung, dan diikuti oleh delegasi yang terdiri dari 5 (lima) pemuda negara anggota G20 dan pengamat dari negara lain maupun organisasi internasional. Selama pertemuan, mereka akan saling berdiskusi, berkonsultasi mengenai isu-isu multilateral, dan pada akhirnya mencapai solusi yang adil, kreatif, dan mewakili semua kalangan. Hasil akhir akan disampaikan kepada para pemimpin negara yang menghadiri G20 dalam bentuk report atau buletin, sebagai bentuk komunikasi sikap dan usulan para pemuda mengenai masa depan kehidupan manusia. Perwakilan Indonesia pada pertemuan Y20 adalah Indonesia’s Youth Diplomacy (IYD).

Youth 20 (Y20) Summit 2016, Beijing dan Shanghai, RRT

Rangkaian Y20 Summit dilaksanakan pada tanggal 25-29 Juli 2016 dengan tema “Youth Innovation for Our Shared Vision” dan dihadiri oleh 100 pemuda wakil dari negara G20, negara undangan dan organisasi internasional. Dengan dari beberapa pembicara tamu dan hasil pembahasan para delegasi, maka dihasilkan suatu komunike yang memberikan rekomendasi pada G20 terkait pengentasan kemiskinan dan kerjasama pembangunan, kewirausahaan dan kreativitas, keadilan sosial dan kesempatan yang merata, green life and sustainability serta kemitraan dan tata kelola global.

Youth 20 (Y20) Summit 2017, Berlin, Jerman 

Pertemuan Youth 20 pada tahun 2017 ini diagendakan pada tanggal 2 sampai dengan 8 Juni. Rencananya, Y20 Dialogue akan dilaksanakan di kota Berlin