Courtesy Call Canada’s G20 Sherpa

Courtesy Call Canada’s G20 Sherpa

Jakarta, 24 Februari 2020 – Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama EKonomi Internasional beserta Asisten Deputi Kerja Sama Ekonomi Multilateral dan Pembiayaan menerima kedatangan Sherpa G20 Kanada, Jonathan Fried, beserta tim dari Kedutaan Besar Kanada untuk Indonesia guna membahas persiapan Pertemuan Sherpa ke-2 Presidensi Arab Saudi serta posisi Kanada dan Indonesia terhadap isu-isu yang akan diangkat pada pertemuan tersebut. Pertemuan Sherpa ke-2 dijadwalkan yang akan dilaksanakan pada tanggal 11 – 12 Maret 2020 di Al-Khobar, Arab Saudi.

Dalam kesempatan ini, Sherpa G20 Kanada menyampaikan proposal tentang Private Sector Alliance for the Empowerment and Progression of Women’s Economic Representation (EMPOWER) serta meminta dukungan terhadap proposal dimaksud. Proposal EMPOWER yang telah diluncurkan pada Pertemuan Sherpa ke-2 Presidensi Jepang bulan April tahun lalu ini secara garis besar merupakan aksi konkret dalam mendukung Brisbane Commitment 2014 yang juga merupakan salah satu outcome dari Presidensi G20 Australia. Brisbane Commitment bertujuan untuk mengurangi kesenjangan terhadap partisipasi pria dan wanita dalam lingkungan kerja sebesar 25% pada tahun 2025. Proposal ini juga mendorong keterlibatan wanita dalam posisi kepemimpinan dalam porsi lebih besar.

Sherpa G20 Kanada mendorong Indonesia untuk dapat mengirimkan perwakilan dalam pembahasan EMPOWER terdekat melalui teleconference pada 26 Maret 2020 serta pembahawan lanjutan.

Selain itu, isu-isu lain yang dibahas antara lain peran G20 dalam memberikan political support dalam pembahasan reformasi WTO; pencegahan COVID-19; IUU Fishing; iklim dan energi; serta tindak lanjut dari GFSEC.

Bagikan Artikel Ini