Engagement Group

Expand all

  •  

    The Business 20 atau B20 merupakan outreach group dari G20 yang mewakili komunitas bisnis internasional. Melalui keberadaan para pelaku bisnis dari seluruh dunia, B20 merefleksikan peran sektor swasta sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi yang kuat, berkelanjutan, dan berimbang.

    B20 melakukan sejumlah pertemuan yang bertujuan untuk terus mengembangkan rekomendasi dan menghasilkan komitmen-komitmen relevan dari para pemimpin bisnis dunia dan organisasi bisnis untuk menghadapi isu-isu global yang penting dan berpengaruh secara signifikan.

    B20 memberikan landasan yang kuat bagi komunitas bisnis internasional untuk turut serta dalam tata kelola perekonomian global dan ekonomi internasional serta regulasi perdagangan. Melalui Pertemuan Satgas B20 (B20 Taskforce) dan Pertemuan Tingkat Tinggi B20 (B20 Summit),  B20 melakukan pembahasan kebijakan dan rekomendasi yang dapat mendukung tugas G20 untuk mencapai ekonomi global yang kuat, berkelanjutan, dan berimbang.

    B20 secara konsisten menyesuaikan prioritasnya dengan prioritas pada Pertemuan Tingkat Tinggi G20 yang berfokus pada pembangunan ekonomi global. Prioritas B20 antara lain adalah rekomendasi kebijakan pada reformasi sistem keuangan, perdagangan, investasi, infrastruktur, ketenagakerjaan, dan anti-korupsi. Beberapa pemimpin negara anggota G20 telah menghadiri Pertemuan Tingkat Tinggi B20 dan bertukar pandangan dengan para delegasi B20. Sejalan dengan G20, Presidensi B20 terus berganti setiap tahunnya.

    Topik pembahasan B20 tahun 2019 yaitu Society 5.0 for SDGs. B20 pada tahun 2020 ini membahas:

    Transforming for inclusive growth

    • Six Taskforces (Digitalization; Energy, Sustainability and Climate; Finance and Infrastructure; Future of Work; Integrity and Compliance; Trade and Investment) and a dedicated Action Council on Women in Business

    One voice for the global business communityCross-cutting themes

    • SMEs and Entrepreneurship
    • Sustainable Development Goals

    Pertemuan B20 Summit tahun ini diselenggarakan pada tanggal 26-27 Oktober 2020 di Riyadh.

  •  

    Labour 20 (L20) mewakili kepentingan tenaga kerja di tingkat G20 dengan mempersatukan serikat pekerja dari negara-negara G20 dan Global Unions untuk memberikan masukan pada G20. L20 dibentuk oleh International Trade Union Confederation (ITUC) dan Trade Union Advisory Committee to the OECD (TUAC).

    L20 kerap menyuarakan tuntutan para serikat pekerja melalui pertukaran pikiran dan dialog dengan Employment Working Group, Sherpa, dan Menteri Ketenagakerjaan dan Keuangan. Dalam melakukan hal tersebut, L20 menyampaikan harapan serikat pekerja internasional terhadap kebijakan global melalui Pertemuan di G20.

    Pertemuan L20 Summit Presidensi Arab Saudi dilaksanakan pada tanggal 7-8 September 2020 di Riyadh.

     
    •  

      Civil 20 (C20) adalah wadah organisasi masyarakat sipil dari seluruh dunia untuk terlibat dengan para pemerintah di G20 dalam menghadapi isu-isu krusial di dunia saat ini.

      C20 menyatukan masyarakat sipil untuk memberikan pengaruh pada G20. Komite pengurus C20 berperan sebagai penghubung antara masyarakat sipil dengan para pembuat kebijakan di G20, agar suara masyarakat dapat tersampaikan secara lebih efektif.

      C20 bertujuan untuk mendengar suara publik, sehingga menjadikan Pertemuan G20 bersifat lebih inklusif untuk memperoleh dukungan yang lebih luas terhadap kerja sama G20. INFID, Prakarsa, dan Publish What You Pay Indonesia menjadi bagian jaringan global C20.

      Isu yang dibahas dalam C20 tahun 2020 diantaranya Anti-Corruption; Education; Climate, Energy & Sustainability; Gender; Global Health; Infrastructure; International Financial Architecture; Employment & Social Protection; Local2Global; Trade & Investment; dan Digital Economy.

      Pertemuan C20 Summit tahun 2020 dilaksanakan pada tanggal 6-9 Oktober 2020 di Riyadh.

      •  

        Think 20 (T20) merupakan inisiatif Presidensi G20 Meksiko. Pertemuan T20 pertama diselenggarakan pada Februari 2012 di Mexico City, di mana perwakilan think-tank dari 15 negara – termasuk Australia, Brazil, Tiongkok, India, Jepang, Rusia, Singapura, Turki, dan Korea Selatan – hadir untuk berdiskusi mengenai Presidensi G20 untuk kemudian dibawa pada Pertemuan Tingkat Tinggi di Los Cabos.

        T20 berperan sebagai “bank ilmu/ide” bagi G20. Sejalan dengan peran tersebut, T20 menjadi wadah bagi globalthink-tank dan para ahli untuk menyajikan analisis yang komprehensif terkait diskusi yang sedang berlangsung di G20 dan menghasilkan ide-ide untuk mendukung G20 dalam menghasilkan kebijakan yang konkret dan berkelanjutan.

        Hasil akhir T20 dipresentasikan kepada G20 working groups, para menteri, dan pemimpin negara sebagai alternatif kebijakan, bukan rekomendasi.

        Pertemuan T20 Summit tahun 2020 dilaksanakan pada tanggal 31 Oktober s.d. 1 November 2020 di Riyadh.

        •  

          Youth 20 (Y20)merupakan wadah konsultasi resmi bagi para pemuda dari seluruh negara anggota G20 untuk dapat saling berdialog. Y20 mendorong para pemuda sebagai pemimpin masa depan untuk meningkatkan kesadaran terhadap permasalahan global, untuk bertukar ide, berargumen, bernegosiasi, hingga mencapai konsensus.

          Konferensi Y20 pertama diselenggarakan pada tahun 2010. Setelah itu, tuan rumah Y20 akan berganti setiap tahunnya sesuai dengan Presidensi G20 yang sedang berlangsung. Hingga saat ini, lebih dari 600 pemuda telah berpartisipasi dalam konferensi ini.

          Y20 biasanya diselenggarakan sebelum G20 berlangsung, dan diikuti oleh delegasi yang terdiri dari 5 (lima) pemuda negara anggota G20 dan pengamat dari negara lain maupun organisasi internasional. Selama pertemuan, mereka akan saling berdiskusi, berkonsultasi mengenai isu-isu multilateral, dan pada akhirnya mencapai solusi yang adil, kreatif, dan mewakili semua kalangan. Hasil akhir akan disampaikan kepada para pemimpin negara yang menghadiri G20 dalam bentuk report atau buletin, sebagai bentuk komunikasi sikap dan usulan para pemuda mengenai masa depan kehidupan manusia. Perwakilan Indonesia pada pertemuan Y20 adalah Indonesia’s Youth Diplomacy (IYD).

          3 Prioritas Y20 tahun 2020:

            1. FUTURE FIT : Future Skills,Future of Work,Entrepreneurship
            1. YOUTH EMPOWERMENT : Decision Making Inclusion,Leadership Development
            2. GLOBAL CITIZENS : Future Skills, Future of Work,Entrepreneurship

          Pertemuan Y20 Summit dilaksanakan pada tanggal 10 - 12 Oktober 2020 di Riyadh, 13 - 14 Oktober 2020 di Khobar, 15 - 17 Oktober 2020 di Al-Ula, dan 18 - 19 Oktober 2020 di Riyadh.

           

           

           

        •  

          W20, yang dibentuk pada tahun 2015, didasari oleh kesadaran para pemimpin negara anggota G20 akan pentingnya partisipasi perempuan terutama dalam pembangunan ekonomi global.  

          Sebagai outreach group yang mewakili suara perempuan, W20 mendorong pengadopsian dokumen-dokumen komitmen G20 yang melibatkan isu pembangunan perempuan, kesetaraan gender, pertumbuhan yang inklusif, serta kerja sama perempuan dalam sektor ekonomi internasional. 

          W20 tahun 2019 mengangkat tema “Closing the Gender Gap for New Prosperity”, kemudian pada tahun 2020 W20 membahas beberapa prioritas di antaranya: A global policy framework on gender equalityPolicy Coordination, dan Women’s participation in decision-making in all sectors.

           

          Pertemuan W20 Summit dilaksanakan pada tanggal 20-22 Oktober 2020 di Riyadh.

           
          •  

            Science20 

            Science20 (S20) merupakan pertemuan outreach group yang diinisiasi oleh Presidensi Jerman. S20 akan menjadi forum bagi para researcher dan scientist dari seluruh negara G20 untuk berkumpul dan membahas keilmuan yang berkaitan dengan peningkatan kesehatan global.

            Tema S20 pada tahun 2019 yaitu Threats to Marine Ecosystems and Conservation of the Marine Environment (Special Attention to Climate Change and Marine Plastic Waste).

            S20 Summit tahun ini akan dilaksanakan pada tanggal 25-26 September 2020 di KAEC.

             

            •  

              Urban20 

              Urban20 (U20) adalah pertemuan outreach group yang bertujuan untuk membawa masalah perkotaan ke garis depan agenda G20. U20 merupakan forum bagi para pemimpin pemerintah daerah kota-kota U20, diantaranya untuk melakukan aksi terhadap iklim global dan pembangunan berkelanjutan kepada para pemimpin nasional. Komitmen dan pesan dari U20 dibagikan terhadap Presidensi G20 dan kepala negara.

              U20 dikembangkan pada tahun 2017 di One Planet Summit di Paris di bawah kepemimpinan Walikota Buenos Aires, Horacio Rodríguez Larreta, dan Walikota Paris, Anne Hidalgo. Ini adalah kelompok keterlibatan khusus bagi para pemimpin kota untuk bersama-sama melibatkan para pemimpin nasional dan kepala negara di G20. KTT U20 pertama diselenggarakan di Buenos Aires pada tahun 2018, kemudian di Tokyo pada tahun 2019. Riyadh memimpin KTT U20 ketiga yang bertujuan untuk meningkatkan ambisi kota-kota yang berpartisipasi dan untuk mempercepat aksi pembangunan kota yang berkelanjutan.

              Pada 2019, U20 menyatukan kelompok 27 kota yang berpartisipasi secara global terkemuka. Setiap kota U20 mewakili pusat ekonomi atau politik utama di negara G20. KTT Walikota U20 di Riyadh akan memanfaatkan kekuatan gabungan dari kota-kota yang berpartisipasi untuk dampak abadi pada pembangunan perkotaan yang berkelanjutan.

              Pertemuan U20 Summit diselenggarakan pada 30 September - 2 Oktober 2020 di Riyadh.