B20

 

The Business 20 atau B20 merupakan outreach group dari G20 yang mewakili komunitas bisnis internasional. Melalui keberadaan para pelaku bisnis dari seluruh dunia, B20 merefleksikan peran sektor swasta sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi yang kuat, berkelanjutan, dan berimbang.

B20 melakukan sejumlah pertemuan yang bertujuan untuk terus mengembangkan rekomendasi dan menghasilkan komitmen-komitmen relevan dari para pemimpin bisnis dunia dan organisasi bisnis untuk menghadapi isu-isu global yang penting dan berpengaruh secara signifikan.

B20 memberikan landasan yang kuat bagi komunitas bisnis internasional untuk turut serta dalam tata kelola perekonomian global dan ekonomi internasional serta regulasi perdagangan. Melalui Pertemuan Satgas B20 (B20 Taskforce) dan Pertemuan Tingkat Tinggi B20 (B20 Summit),  B20 melakukan pembahasan kebijakan dan rekomendasi yang dapat mendukung tugas G20 untuk mencapai ekonomi global yang kuat, berkelanjutan, dan berimbang.

B20 secara konsisten menyesuaikan prioritasnya dengan prioritas pada Pertemuan Tingkat Tinggi G20 yang berfokus pada pembangunan ekonomi global. Prioritas B20 antara lain adalah rekomendasi kebijakan pada reformasi sistem keuangan, perdagangan, investasi, infrastruktur, ketenagakerjaan, dan anti-korupsi. Beberapa pemimpin negara anggota G20 telah menghadiri Pertemuan Tingkat Tinggi B20 dan bertukar pandangan dengan para delegasi B20. Sejalan dengan G20, Presidensi B20 terus berganti setiap tahunnya.

Topik pembahasan B20 tahun 2019 yaitu Society 5.0 for SDGs. B20 pada tahun 2020 ini membahas:

Transforming for inclusive growth

  • Six Taskforces (Digitalization; Energy, Sustainability and Climate; Finance and Infrastructure; Future of Work; Integrity and Compliance; Trade and Investment) and a dedicated Action Council on Women in Business

One voice for the global business communityCross-cutting themes

  • SMEs and Entrepreneurship
  • Sustainable Development Goals

Pertemuan B20 Summit tahun ini diselenggarakan pada tanggal 26-27 Oktober 2020 di Riyadh.