Pertemuan Sherpa 5 di Berlin, Jerman jerman

Pertemuan Sherpa 5 di Berlin, Jerman jerman

 

Pertemuan Sherpa G20 ke-5 telah berlangsung dari tanggal 9 s.d. 10 November 2017 di Berlin, Jerman. Pertemuan ini bertujuan untuk memperoleh arah dan prioritas G20 di bawah Presidensi Argentina, secara khusus di jalur Sherpa. Delri juga menyampaikan intervensi Indonesia terhadap isu-isu jalur Sherpa. Pertemuan kali ini dihadiri oleh Seluruh Sherpa dan Wakil Sherpa negara anggota G20 (Argentina, Australia, Brazil, Kanada, Tiongkok, Prancis, Jerman, Indonesia, Italia, Jepang, Meksiko, Korea Selatan, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Turki, Britania Raya, dan Amerika Serikat serta Uni Eropa), negara-negara undangan, serta sejumlah Organisasi Internasional seperti Bank Dunia, IMF, OECD, PBB, FSB, ECB, ILO, dan UNIDO.

Pembahasan dalam pertemuan kali ini mencakup tema perdagangan, anti terorisme, anti korupsi, digitalisasi, migrasi, iklim dan energi, Global Forum on Steel Excess Capacity (GFSEC), Main Outcomes of Finance Track termasuk Compact with Africa (CwA), G20 Governance, We-Fi/Business Women Leaders Task Force (BWLTF), Kesehatan, serta Handover to Argentina.

Dari pemaparan yang disampaikan oleh Sherpa Argentina, sejumlah agenda prioritas G20 yang akan diusung oleh Presidensi Argentina dipandang cukup sejalan dengan isu-isu yang menjadi concern Indonesia, antara lain pertanian, ketenaga-kerjaan, dan digitalisasi.

Pada pertemuan ini, Delri dipimpin oleh Direktur Pembangunan, Ekonomi dan Lingkungan Hidup Kementerian Luar Negeri selaku Sous Sherpa G20 dan didampingi perwakilan dari Kemenko Perekonomian, Kementerian Luar Negeri, BI, serta Badan Kebijakan Fiskal dari Kementerian Keuangan.

Bagikan Artikel Ini