Audiensi kepada Kepala Biro Kerja Sama Luar Negeri Kementerian Pertanian (Kementan)

Audiensi kepada Kepala Biro Kerja Sama Luar Negeri Kementerian Pertanian (Kementan)

Jakarta, 19 Februari 2020 – Dalam rangka koordinasi posisi Indonesia dalam forum G20 khususnya isu pertanian, Asisten Deputi Kerja Sama Multilateral dan Pembiayaan melakukan audiensi kepada Kepala Biro Kerja Sama Luar Negeri, Kementerian Pertanian. Dalam kesempatan ini, Asisten Deputi Kerja Sama Multilateral dan Pembiayaan juga menyampaikan hasil dari pertemuan Sherpa ke-1 Presidensi Arab Saudi yang dilaksanakan 4 – 5 Desember 2019.

Presidensi Arab Saudi menambahkan workstream baru di bawah Agriculture Working Group yaitu manajemen air dan lingkungan. Adapun prioritas Presidensi Arab Saudi dalam Agriculture Working Group antara lain (i) food security, termasuk investasi pertanian yang berkelanjutan food loss and waste (FLW); (ii) mendorong pengelolaan serta ketahanan air secara berkelanjutan secara global; dan (iii) Mengurangi degradasi lahan dan habitat, termasuk melalui eksplorasi opsi kebijakan yang mengarah pada restorasi ekologi dan kemitraan antara pemerintah dan sektor swasta.

Dalam kesempatan ini, Kepala Biro Kerja Sama Luar Negeri, Kementan, juga meminta pembahasan mengenai family farming tetap terus didorong dalam tingkatan Sherpa. Pemerintah Indonesia juga telah meluncurkan Rencana Aksi Nasional Pertanian Keluarga pada Hari Pangan Sedunia bulan Desember 2019. Selain itu, Pemerintah Indonesia juga mendukung pembahasan rural development pada Presidensi Arab Saudi mengingat salah satu perhatian pemerintah adalah mengurangi tingkat kemiskinan di desa-desa di Indonesia.

Agriculture Deputies Meeting dan Agriculture Ministers Meeting direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 17 – 19 Maret 2020 di Riyadh, Arab Saudi.

Bagikan Artikel Ini